Serba-Serbi Paprika, Si Cabai Manis Kaya Nutrisi

Mendengar kata cabai biasanya yang segera muncul dalam benak adalah rasa pedas. Namun tidak demikian halnya dengan paprika. Masih termasuk keluarga cabai, paprika cenderung terasa manis ketimbang pedas.

Warna-warni dan Kandungan Nutrisi

Di Indonesia, paprika yang umum dijual adalah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Namun sebenarnya, paprika tersedia dalam warna yang jauh lebih beragam. Ada oranye, coklat, ungu, bahkan paprika putih! Pada paprika, warna juga dapat menjadi indikator kandungan gizi. 

Paprika merah misalnya, memiliki kandungan beta-karoten hampir 15x lebih banyak dan kandungan vitamin C 50% lebih tinggi dibanding paprika hijau. Paprika ungu memiliki kandungan flavonoid paling tinggi dibanding paprika warna lainnya. 

Anda ingin mata tetap sehat dan penglihatan senantiasa tajam? Konsumsilah paprika kuning yang tinggi lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang ampuh melindungi kesehatan mata.

Tidak Tahan Panas

Panas yang tinggi dapat membuat kadar zat gizi dalam paprika menurun drastis. Itu sebabnya paprika jarang dijadikan bumbu utama dalam masakan. Cara terbaik mengolah paprika adalah dengan panas rendah dan dimasukkan hanya ketika masakan sudah hampir matang. Paprika juga tidak jarang dimakan mentah, misalnya dijadikan salad, isi sandwich, atau campuran saus.

Coklat dan Ungu yang Eksotis

Sebenarnya semua paprika pada awalnya berwarna hijau. Semakin lama paprika berada di pohon, semakin banyak perubahan warna yang terjadi mulai dari kuning, oranye, coklat, ungu, dan terakhir merah.

Perubahan warna ini terjadi tergantung kadar karoten dalam paprika tersebut. Tidak semua paprika berubah cokelat atau ungu sebelum pada akhirnya menjadi merah seluruhnya. Kebanyakan dari oranye langsung merah. Hal ini menjadikan paprika coklat dan ungu langka dan eksotis. Dari segi rasa, paprika cokelat dianggap yang paling manis dan tasty.

Baik Untuk Diet

Sekalipun rasanya manis, paprika sangat rendah kalori. Ingin kenyang tanpa menambah lingkar pinggang? Tambahkan secangkir penuh paprika merah atau kuning ke dalam menu diet Anda. Jangan khawatir, hanya ada 45 kalori di dalamnya.

Untuk memperoleh paprika berkualitas, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan paprika secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain paprika ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. Saat in TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Cuma Segar, Ini Segudang Manfaat Buah Jeruk untuk Tubuh

Mencari Modal Usaha melalui Crowdfunding, Bagaimana Caranya?